Total Tayangan Halaman

Rabu, 24 April 2013

ENERGI PALING BANYAK DIGUNAKAN MANUSIA

A. Penggunaan Energi Listrik

Saat ini energi yang banyak digunakan adalah energi listrik. Energi listrik dapat mempermudah kegiatan kita. Penggunaan energi listrik yang utama adalah untuk penerangan. Kegiatan dapat dilakukan dengan mudah pada suasana terang. Alat yang digunakan untuk penerangan adalah lampu. Penggunaan listrik memudahkan kegiatan kita. Banyak kegiatan manusia yang menggunakan energi listrik. Mulai dari kegiatan di dapur sampai sarana hiburan.

Di rumah kalian mungkin ada benda yang disebut rice cooker. Rice cooker berguna untuk menanak nasi yang menggunakan listrik. Penanak nasi listrik juga digunakan untuk menghangatkan nasi. Apakah kalian tahu tentang microwave? Microwave adalah oven pemanas yang menggunakan listrik. Microwave berfungsi sebagai pemanas makanan. Lain lagi dengan teko listrik. Apakah teko teko listrik itu? Teko listrik digunakan untuk memasak dan mendidihkan air. Ada juga alat listrik untuk memanaskan dan mendinginkan air minum. Namanya dispenser.

Lemari es berguna sebagai pendingin makanan serta minuman. Lemari es dapat menyimpan makanan untuk waktu lama. Makanan dalam lemari es tidak cepat busuk. Mesin cuci adalah alat untuk mencuci pakaian. Ada juga mesin cuci yang sekaligus mengeringkan cucian. Kipas angin listrik dapat digunakan untuk mendinginkan udara. Apakah kamu suka menonton televisi? Dengan menonton televisi, kamu dapat memperoleh hiburan. Dengan menonton televisi, kamu dapat memperoleh informasi.
Selain televisi, ada juga radio dan komputer. Jika dinyalakan, televisi akan menampilkan gambar dan suara. Radio hanya dapat menghasilkan suara. Kamu dapat mendengar lagu dan berita menggunakan radio. Apakah fungsi komputer? Komputer merupakan alat untuk mengetik dan mengolah data. Tahukah kamu fungsi lain komputer?

B. Penghematan Energi ListrikDari manakah energi listrik di rumah kalian berasal? Energi listrik di rumah kalian berasal dari pembangkit listrik. Air di bendungan digunakan untuk membangkitkan energi listrik. Pembangkit tersebut dinamakan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Pada musim kemarau, jumlah air di bendungan berkurang. Hal itu dapat mengurangi listrik yang dihasilkan PLTA. Selain itu kebutuhan energi listrik pada saat ini cukup besar, akibatnya biaya produksi energi listrik meningkat. Ditambah lagi biaya bahan bakarnya semakin mahal. Oleh karena itu biaya tarif listrik sekarang semakin mahal. Untuk menghemat biaya pengeluaran dan persediaan energi listrik maka kita harus menghematnya. Bagaimanakah cara menghematnya? Apakah kalian telah melakukan penghematan energi listrik?

Mematikan lampu pada siang hari jika tidak dipakai.

Mematikan televisi jika sedang tidak dipakai.

Mencuci dengan tangan jika cucian sedikit.

http://supriyadikaranganyar.wordpress.com/materi-ajar/semester-2/penggunaan-dan-penghematan-energi-listrik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar