Total Tayangan Halaman

Selasa, 09 April 2013

SALAH SATU KESALAHAN KETIKA MELAKSANAKAN SHALAT


 MELIHAT KE ATAS (KE ARAH LANGIT) 
     
      Keadaan seseorang ketika shalat haruslah berbeda dari di luar shalat. sebab ia sedang berada di hadapan Sang Khalik ( Yang Maha Pencipta), Mahaperkasa dan Mahasegalanya, Yang menggengam langit bumi dan seisinya. Maka, ia harus menujukan kerendahan, ketundukan dan kehinaan di hadapan Alllah SWT. 
     
     Oleh karena itu, diantara sikap yang harus dijaga adalah mengendalikan pandanganya ketika shalat. Tidak dibenarkan dan sangat dilarang seseorang melihat ke arah langit ketika ia sedang shalat. Rasulullah SAW menegaskan hal itu dalam hadisnya: 
    
    Qatah menceritakan kepada kami bahwa Anas bin Malik menceritakan kepada mereka, dia berkata: Rasulullah SAW bersabda, "Mengapa sekelompok kaum mengarahkan pandangan mereka ke langit dalam shalat?" Sabda beliau dalam masalah ini semakin tegas sehingga beliau bersabda, "Mereka harus mengakhiri tindakan mereka itu atau Alllah akan menyambar pengelihatan mereka". (HR Bukhari)

    Hadis ini mengisyaratkan sebuah larangan yang sangat tegas bagi seorang agar jangan mengarahkan pandangannya ke langit. Alllah sangat murka kepada seseorang yang melakukan shalat namun tidak menjaga pandanganya sebagaimana dalam hadis di atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar