Total Tayangan Halaman

Selasa, 16 April 2013

PERANG DINGIN (1945-1989)

Perang Dingin (cold war) adalah peristiwa yang menggambarkan konflik antara Block Barat pemipinan Amerika Serikat dan Block Timur pimpinan Uni-Soviet sejak berakhirnya perang dunia kedua pada tahun 1945. Amerika Serikat dan Uni-Soviet adalah dua negara terkuat yeng memenangkan perang Dunia Kedua. Selama perang berlangsung, keduanya bekerjasama menghadapi pasukan Jerman, Italia dan Jepang. 

Pasukan Amerika Serikat banyak membatu negara-negara eropa menghadapi pasukan Jerman dan Italia dalam medan pertempuran di sebelah barat Eropa. Uni Soviet berperang melawan pasukan Jerman dalam medan pertempuran sebelah eropa timur. 


Baik Amerika Serikat maupun Uni Soviet merasa berjasa dalam menghancurkan ekspansi militer Jerman dan Italia yang ingin menguasai seluruh eropa. Keduanya sama-sama merasa berhak memperoleh wilayah pengaruh. Hal inilah yang menyebabkan Amerika Serikat dan Uni Soviet terlibat konflik tidak langsung karena mereka menghindari perang terbuka untuk memperebutkan satu wilayah. 

Amerika Serikat bersekutu dengan Inggris dan Prancis untuk menghadapi Uni Soviet. Keempat negara kuat dalam pasukan sekutu ini menguasai wilayah-wilayah Jerman berserta taklukanya. Pada tahun 1948 pemerintah Uni Soviet membangun pembatas pemisah di kota Berlin, ibu kota Jerman pada masa Nazi karena merasa terancam dengan persekutuan baru Amerika Serikat, Inggris dan Perancis. Di bagi timur bekas Jerman itulah pemerintahan Uni Soviet membentuk negara Republik Demokrasi Jerman (Jerman Timur) pada 7 oktober 1949 untuk mengimbangi pembentukan negara Republik Federasi Jerman (Jerman Barat) yang di dukung Amerika Serikat, Inggris dan Prancis pada 23 mei 1949.

Persaingan antara Uni Soviet dengan Amerika Serikat, Inggris dan Prancis berlanjut untuk menguasai wilayah taklukan Jerman di seluruh Eropa. Sebagian besar wilayah Eropa Timur berhasil dikuasai Uni Soviet, sedangkan Eropa Barat berada di bawah pegaruh Ameika Serikat, Inggris dan Prancis.

Akibatnya Benua Eropa terbelah dua, yakni Blok Timur dan Blok Barat. Masing-masing mempunyai persekutuan militer untuk melindungi anggota kelompoknya dari eksperimen militer negara lain sebagaimana dilakukan Jerman yang memicu Perang Dunia Kedua. 

Sumber: Eksplorasi SEJARAH Indonesia dan Dunia Jilid 3 untuk SMA Kelas XII IPS
Penerbit Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar